ads

Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SD

Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SD

Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SDAkreditasi suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan (“Accreditation is a continuous process of self-evaluation, reflection, and improvement). Akreditasi dapat juga diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk beroperasai dan menyelenggarakan program-programnya.
Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SD
Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SD

Proses Akreditasi Sekolah menyediakan sekolah dengan kerangka kerja yang komprehensif untuk terus meningkatkan prestasi siswa dan efektivitas sekolah (The School Accreditation Process provides schools with a comprehensive framework for continually improving student achievement and school effectiveness). Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Akreditasi dapat dipandang sebagai instrumen regulasi diri (self-regulation), dengan maksud agar suatu agar Sekolah/Madrasah dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri; dan berdasarkan atas pemahaman kekuatan dan kelemahan diri tersebut, Sekolah/Madrasah dapat melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan (quality continues improvement). Akreditasi juga dapat dipandang sebagai hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu Sekolah/Madrasah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam sudut pandang ini, ada sekolah/madrasah yang terakreditasi dan tidak, dengan peringkat A, B, C dan seterusnya.
gambar aplikasi instrumen akreditasi SD

Tujuan Akreditasi Sekolah/Madrasah
  1. Memberikan informasi tentang kelayakan S/M atau program yang dilaksanakanya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  2. Memberikan pengakuan peringkat kelayakan
  3. Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP
  4. Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (Stakeolder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah (S/M) akan bermanfaat sebagai :
  1. Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan Sekolah/Madrasah.
  2. Akreditasi bermanfaatn sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah.
  3. motivator agar Sekolah/Madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.
  4. Hasil akreditasi berguna sebagai baha BAN S/M untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana
  5. Acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah.madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.
Pada instrumen akreditasi sekolah/Madrasah berisi seputar 8 standar pendidikan sekolah/madrasah yaitu:
  1. Standar isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Kelulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian Pendidikan
dari masing-masing standar pendidikan memuat beberapa point yang harus dinilai oleh seorang asesor.Jumlah instrumen dari 8 standar pendidikan ada 119 instrumen penilaian yang harus dibuat oleh guru dan kepala sekolah.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah aplikasi untuk memudahkan rekan guru dalam membuat instrumen standar pendidikan yang nantiny akan kita tempelkan disetiap stop map.Silahkan unduh Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah Dasar Tahun 2019 dalam format excel di bawah ini.

atau

Demikian materi terkait dengan perangkat akreditasi berupa aplikasi instrumen akreditasi untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah tahun 2019.Semoga dengan menggunakan aplikasi tersebut bisa memudahkan rekan guru dalam melaksanakan kegiatan akreditasi sekolah/madrasah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Jenjang SD"

Post a Comment