ads

Perubahan Wujud benda dilengkapi media pembelajaran power point dan macro media

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia,

Selamat malam sahabat guru dan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali denagn saya di blog wawasanpendidikandasar.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi materi tentang perubahan wujud benda dilengkapi dengan medai pembelajaran power point yang menarik.

Wujud benda dibedakan menjadi 3,yaitu padat,cair dan gas.Sifat dari benda padat adalah:memiliki bentuk tetap,volume tetap,dan jarak antara partikel rapat.Sifat benda cair adalah memiliki bentuk tidak tetap,(mengikuti bentuk wadahnya),volumenya tetap dan partikelnya dapat bergerak bebas.Sedangkan sifat benda gas adalah memiliki bentuk tidak tetap(mengikuti wadah),volume bergantung pada tempatnya,dan partikelnya bergerak sangat cepat.Adanya perubhan suhu baik pemanasan maupun pendinginan dapat mengakibatkan perubahan wujud benda.

Berikut ini skema perubahan wujud benda:


-Mengembun: Perubahan wujud benda dari gas menjadi cair contohnya: terbentuknya titik-titik air                             diluar gelas yang berisi air                          dingin.
- Menguap     : perubahan wujud dari cair menjadi gas.contohnya:spirtus yang dibiarkan di botol                                  terbuka dan air saat dipanaskan atau didinginkan.
- Mencair       : Perubahan wujud benda dari padat menjadi cair.Contohnya : coklat padat yang                                      dipanaskan dan es krim yang didiamkan di ruanagn terbuka.
- Membeku    : Perubahan wujud enda dari cair menjadi padat.Contohnya :air sirup yang di diamkan                            di dalam kulkas atau freezer
- Menyublim   : Perubahan wujudbenda dari padat menjadi gas.Contohnya: kapur barus yang kita                                 taruh di almari,lama-kelamaan akan kecil dan habis.
- Mengkristal  : Perubahan wujud dari gas menjadi padat.Contohnya : pembentukan embun                                           beku(frost) pada saat musim dingiin.

Berikut ini media pembelajaran yang berkaiatan dengan Perubahan wujud benda denagn format power point dan macro media yang sangat menarik dan membuat anak didik semakin semangat untuk belajar.


Silahkan kunjungi juga:
  1. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) tahun 2017
  2. Download ringkasan materi IPA kelas 4-6 Persiapan UN tahun 2017 SD/MI
  3. Rumus cara cepat menetukan FPB dan KPK 
  4. Buku bahan bacaan cerita rakyat nusantara program Literasi Sekolah
  5. Kumpulan soal-soal olimpiade IPA SD/MI tingkat kecamatan dan kabupaten
Demikian sedikit pengetahuan seputar perubahan wujud benda dilengkapi media pembelajaran power point dan macro media yang dapat saya bagikan .semoga bisa bermanfaat bagi peserta didik dan rekan guru.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perubahan Wujud benda dilengkapi media pembelajaran power point dan macro media"

Post a Comment