PEMETAAN SK/KD KELAS 5
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2014/ 2015
Nama Sekolah : SD NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
|
3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi
|
|
§ Mendeskripsikan pengertian
organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh
tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh
anggota organisasi.
|
|
|
|
|
§ Merumuskan contoh struktur
organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib
organisasi.
|
|
|
3.2. Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
|
|
§ Menjelaskan tujuan, anggota,
struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
|
|
|
3.3. Menampilkan peran
serta dalam memilih organisasi di sekolah.
|
|
§ Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2014 -2015
Nama Sekolah : SD NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
4. Menghargai keputusan bersama.
|
4.1. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.
|
|
§ Memahami definisi keputusan
bersama.
§ Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
|
|
|
4.2. Memahami keputusan bersama.
|
|
§ Memahami definisi dan
bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang tepat
terhadap keputusan bersama.
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2014/2015
Nama Sekolah :
SD NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5B
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta
sebaliknya
|
|
o
Mengubah Pecahan
Biasa Menjadi Persen
o
Mengubah pecahan
Biasa menjadi desimal
|
|
|
5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
|
o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta
campuran
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan
desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara
berturut-turut
o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan
biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak
sama
o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah
sehari-hari
|
|
|
5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
|
o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan
biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan
pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan
pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan
pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran
dengan persen dan sebaliknya
o Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk
pecahan
|
|
|
5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
|
o
Mengenal
perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o
Menghitung
perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
|
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
|
|
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o
Menggambar bangun
segitiga dan persegi panjang
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o
Menggambar bangun
segitiga dan persegi panjang
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat lingkaran
o
Menggambar lingkaran
dengan jangka
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat belah ketupat
o
Menggambar belah
ketupat
|
|
|
6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
|
|
o
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o
Menggambar bangun
prisma tegak, Limas, dan Kerucut
|
|
|
6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
|
|
o Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
|
|
|
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
|
|
o
Menunjukkan
sifat-sifat kesebangun antarbangun
o
Menunjukkan dan
menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar
|
|
|
6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar
dan bangun ruang sederhana
|
|
o
Menghitung masalah yang
berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Nama
Sekolah : SD
NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
5. Mende-ngarkan
Memehami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
|
5.1 Menang-gapi cerita tentang peristiwa yang
terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
|
|
· Siswa
mendengarkan cerita tentang suatu
peristiwa
· Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
Guru
· Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
|
|
|
|
5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar, dan amanat)
|
|
· Siswa
dapat mendengarkan pembaca cerita.
· Siswa
dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar
|
|
|
JUMLAH
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Nama
Sekolah : SD NEGERI 2 KARANGAYAR
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Tahun Pelajaran :
2014 / 2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama
|
6.1 Mengo-mentari persoalan faktual disertai
alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa
|
|
· Siswa dapat mencermati persoala atau
masalah yang diajukan
· Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan
|
|
|
|
6.2 Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat
|
|
· Memeran-kan tokoh drama
· Mengung-kapkan pendapat tentang
drama
|
|
|
JUMLAH
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Nama
Sekolah : SD NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Tahun Pelajaran :
2014 / 2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang dibacadengan membaca sekilas
|
|
· Membaca dua bacaan
· Mencatat persamaan dan perbedaan dari
kedua bacaan
|
|
|
|
7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari berbagai
teks khusus (buku petunjuk
telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll
|
|
· Membaca jadwal siaran lelevisi
· Menjawab pertanyaan
· Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat
|
|
|
|
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
|
· Membaca cerita
· Menjawab pertanyaan
· Menuliskan kesimpulan isi cerita
|
|
|
JUMLAH
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Nama
Sekolah : SD
NEGERI 2 KARANGANYAR
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Tahun Pelajaran :
2014 / 2015
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
8. Menulis
Mengungkap-kan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
|
· Memahami
langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
· Membaca
saksama bacaan yang akan diringkas
· Meringkas
bacaan atau buku
|
|
|
|
8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan
berdasar tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan
|
|
· Menyusun laporan peristiwa
· Menyampaikan laporan secara lisan
· Memperbaiki tulisan laporan
|
|
|
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
|
|
· Membaca contoh puisi
· Menulis puisi
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 2014
/ 2015
Nama
Sekolah : SD NEGERI 2
KARANGANYAR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1.
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan
energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
|
|
o
Mengelompokkan
benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o
Menunjukkan
kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o
Memberi contoh
penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o
Membuat magnet.
o
Menyimpulkan
bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o
Memprediksi
seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
o
Membandingkan
gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o
Menjelaskan
berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o
Menjelaskan
manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
5.2.
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
|
o
Mengidentifikasi
berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan
roda.
o
Menggolongkan
berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan
roda.
o
Mengidentifikasi
kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
o
Mendemonstrasikan
cara menggunakan pesawat sederhana.
|
|
6. Menerapkan sifat-sifat
cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
6.1. Mendeskripsi-kan sifat-sifat cahaya
|
|
o
Mendemonstrasikan
sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung
atau cekung).
o
Menunjukkan
contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui
percobaan.
o
Menunjukkan
bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o
Memberikan
contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
6.2.Membuat
suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya.
|
|
o
Menentukan model
yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau
lensa sederhana.
o
Memilih dan
menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
o
Menggunakan
bahan/benda yang sesuai.
o
Membuat
karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o
Menguji cara
kerja model yang dibuat.
o
Memodifikasi
hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o
Menerapkan
prinsip keselamatan kerja.
|
|
7. Memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan
proses pembentukan tanah karena pelapukan
|
|
o Menjelaskan proses pembentukan tanah karena
pelapukan.
|
|
|
7.2 Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
|
|
o Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah,
misalnya : berpasir, tanah liat, humus
|
|
|
7.3 Mendeskripsikan
struktur bumi
|
|
o Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi
(lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *)
|
|
|
7.4 Mendeskripsikan
proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
|
|
o Menjelaskan pentingnya air.
o Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan
diagram atau gambar.
|
|
|
7.5 Mendeskripsikan
perlunya penghematan air
|
|
o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi daur air.
o Melakukan pembiasaan cara menghemat air.
|
|
|
7.6 Mengidentifikasi
peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan
lingkungan
|
|
o Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan
atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang
peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus.
o Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap
kehidupan manusia, hewan dan lingkungan.
|
|
|
7.7 Mengidentifikasi
beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
|
|
o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
permukaan bumi.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran :2014
/ 2015
NAMA SEKOLAH : SD NEGERI 2 KARANGANYAR
|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
|
Kelas / Semester : V / 2
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
2.1.Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang
pada pada penjajah Belanda dan Jepang
|
|
§ Menceritakan sebab jatuhnya
daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§ Menjelaskan sistem kerja paksa dan
penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§ Menceritakan perjuangan para tokoh
daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§ Menceritakan pendudukan Jepang di
Indonesia
§ Menceritakan sebab dan akibat pengerahan
tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§ Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh
penting pergerakan nasional
§ Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§ Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§ Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menceritakan peranan tokoh dalam
peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
|
|
|
2.2.Menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia
|
|
§ Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka
mempersiapkan kemerdekaan
§ Menjelaskan perlunya perumusan dasar
negara sebelum kemerdekaan
§ Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai jasa para
tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
|
|
|
2.3.Menghargai
jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
|
§ Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan
§ Menceritakan jasa dan peranan tokoh
dalam memprokmasikan kemerdekaan
|
|
|
2.4.Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an
|
|
§ Menjelaskan cara mengenang perjuangan
para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai perjuangan
para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SDN 5
Karanganyar
Suwaji,S.Pd.
NIP.19630916 199203 1 007
|
|
Karanganyar,
5 Januari 2015
Guru Kelas V
Julichan Eswanto S.S.Pd.SD
NIP.19860921 200902 1 005
|
0 Response to "PEMETAAN SK/KD KELAS 5"
Post a Comment