ads

Buletin Pengenalan lingkungan sekolah bagi Siswa Baru pada Kegiatan MOS tahun 2016/2017

Assalamu'aaikum Wr.Wb.
Salam Pendidik Indonesia

Selamat malam bapak/ibu guru semuanya.Semoga pada kesempatan malam hari ini kita semua masih diberikan nikmat sehat dan waktu luang untuk dapat beraktivitas seperti hari-hari biasanya.Selamat datang kembali di blog wawasanpendidikandasar.blogspot.com. Pada kesempatan maam ini saya akan berbagi kepada para pengunjung semuanya tentang materi pengenalan lingkungan sekolah(PLS) yang dulu lebih sering di kenal dengan istilah MOS(Masa Orientasi Siswa). 
Pada tahun pelajaran 2016/2017 info terbaru bahwa kegiatan Masa orintasi Siswa(MOS) harus dilakukan oleh guru sendiri dan tidak boleh dilakukan oleh kakak kelasnya.Hal ini merupakan himbauan dari Menteri pendidikan Langsung.

Saat tahun pelajaran baru kita tidak terlepas dari kegiatan MOS(Masa orientasi siswa).MOS bagi siswa baru adalah sebuah kegiatan yang diperlakukan tidak wajar yang dilakukan oleh kakak kelasnya. Namun sekarang dengan adanya program "Pengenalan Lingkungan sekolah"tradisi penerimaan siswa baru yang tidak menyenagkan di hari-hari pertama masuk sekolah  tidaka akan terjadi lagi.
Melalui peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) No.18 tahun 2016 siswa baru di lindungi darai kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tindakan kekerasan,perpeloncoan,atau perlakuan-perlakuan tidak wajar. Siswa baru  kini memiliki jaminan melewati Masa pengenaan lingkungan sekolah dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat,edukatif,kreatif dan menyenangkan.
 Adapun Pengenalan Lingkungan sekolah memiliki tujuan di antaranya:
1. Mengenali potensi Diri Siswa baru
2. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan lingkungan sekolah lainnya.
3. Menumbuhkan motivasi semangat,dan cara belajar efektif siswa dan guru
4. Mambantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya 
5. Menumbuhkan sikap positif antara lain,kemandirian,kejujuran,menghormati dll.
Silahkan bagi para pengunjung yang ingin tahu lebih jauh mengenai materi dan himbauan dari bapak Menteri Pendidikan Nasional silahakan DOWNLOAD DI SINI.



Bapak/ibu guru juga bisa mengunduh Contoh SK dan Kumpulan Materi Kegiatan MOS Bagi SMP/SMA KLIK DI SINI

Contoh Materi MOS Pendidikan Bela Negara bagi Sekolah SMP/MTs Download Di sini

Demikian sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan kepada bapak/ibu guru semuanya.semoga bermanfaat.silahkan tinggalkan saran dan komentar yang membangun agar blog ini semakin bertambah maju dan berkembang lagi
 Wassalamu'alaikum Wr.Wb.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletin Pengenalan lingkungan sekolah bagi Siswa Baru pada Kegiatan MOS tahun 2016/2017"

Post a Comment